Pasang Iklan Disini

MENGAPA BELANDA DIJULUKI SURGA PESEPEDA

♠ Posted by Unknown in at 22.01


Quote:Bersepeda di Belanda adalah metode transportasi dan rekreasi yang populer. Wisatawan senang bersepeda berkeliling pedesaan atau kota. Negara ini dilengkapi dengan jalur dan fasilitas sepeda yang tersegregasi. Jaringannya menyentuh semua bagian negara hingga perbatasan dengan Belgia dan Jerman. Kualitas jaringan bersepeda yang baik, dan rute yang 'ramah' bagi sepeda, memungkinkan untuk bersepeda dengan cepat. Jalur sepeda hadir dengan sistem dan peraturan tersendiri, termasuk rambu dan lampu lalu lintas, terowongan dan jalur.

Quote:BELANDA DAN SEPEDA
Tidak ada alasan spesifik mengapa bersepeda sangat populer di Belanda. Semua adalah kombinasi dari banyaknya faktor 'bicycle friendly' yang saling menguatkan:
1. Ada jaringan jalur sepeda yang berkesinambungan, rambu yang jelas dan berfungsi dengan baik, dengan persimpangan antara jalan umum dan jalur sepeda yang lebih memprioritaskan pesepeda. Membuat bersepeda terasa nyaman, menyenangkan, dan aman.
2. Belanda adalah negara yang kontur wilayahnya datar, yang berarti bahwa perjalanan cenderung baik bagi orang-orang dengan kemampuan mengendarai sepeda rata-rata. Bersepeda sangat murah dan minim risiko.
3. Kebutuhan pesepeda diperhitungkan dalam semua tahap perencanaan kota. Perkotaan sering disebut woonerven (jalan hidup), yang harus memprioritaskan pesepeda dan pejalan kaki dibandingkan lalu lintas bermotor.

Spoilerfor chauffeur-driven bicycle:

Chauffeur-driven bicycle --sepeda yang disopiri, di Damstraat, Amsterdam.

Di daerah pedesaan anak sekolah menengah terbiasa bersepeda lebih dari 15 km (9,3 mil) menuju ke sekolah. Mungkin ini sebabnya mengapa pesepeda di Belanda dapat melaju cepat, dan membantu Belanda menjadi kompetitif di dunia balap sepeda.

Sepeda konvensional yang tidak memerlukan pemeliharaan intensif, dan cocok untuk memuat barang bawaan, sangat populer.

Namun, semua jenis sepeda terakomodasi pada jalur sepeda, dari sepeda balap hingga konvensional. Jaringan jalur sepeda mendukung penggunaan pada kecepatan sepeda yang tinggi sekalipun.

Belanda mendesain jalan yang sebisa mungkin mengeliminasi konflik antara berbagai moda transportasi. Hasilnya, bersepeda menjadi aman. Kota dirancang dengan akses mobil terbatas, dan area parkir mobil makin menyempit dari waktu ke waktu. Lalu lintas yang padat dan area parkir mobil yang sangat terbatas membuat penggunaan mobil menjadi makin tidak populer. Hukum di Belanda 'menjamin' bahwa pengemudi kendaraan bermotor akan selalu dianggap sebagai pihak yang bertanggungjawab saat terjadi tabrakan antara mobil dan pesepeda.

Helm sepeda tidak umum dipakai di Belanda. Kebanyakan digunakan oleh anak-anak kecil yang lebih mudah diabaikan dalam lalu lintas, juga oleh para 'pesepeda ngebut' yang mengendarai sepeda balap dan sepeda gunung. Pengendara sepeda di Belanda cenderung memandang helm sepeda sebagai hinaan jika digunakan untuk alasan lain selain olahraga atau keselamatan anak. Tidak ada 'helmet law'.

Faktor-faktor ini jauh lebih besar daripada faktor-faktor negatif dari cuaca basah dan berangin, angin kuat karena medan datar, dan maraknya pencurian sepeda. Hampir sepertiga dari semua aktivitas di Belanda, dilakukan dengan sepeda. Bahkan kelompok usia 65 tahun ke atas pun melakukan hampir seperempat dari aktivitas mereka dengan sepeda. Bagi kelompok usia ini, sepeda listrik sangat populer.
Spoilerfor free use bicycle:

Sepeda putih, untuk penggunaan gratis, di Hoge Veluwe National Park, Belanda

Pada 2012 popularitas bersepeda telah berkembang pesat. Menurut data statistik pemerintah kota Amsterdam, 490,000 fietsers freewheeling (pesepeda umum) menggunakan jalur sepeda hingga 2 juta kilometer per hari. Dengan 35.000 kilometer jalur sepeda, 18 juta sepeda (rata-rata satu warga memiliki 1,3 buah sepeda) telah membuat padat area tersibuk. Pada 2012, Royal Dutch Cycling Union menyatakan seperempat kecelakaan mematikan di Belanda melibatkan pesepeda.

Quote:INFRASTRUKTUR
Banyak jalan yang berdampingan dengan satu atau dua jalur sepeda terpisah, atau jalur sepeda yang ditandai di jalan. Bersepeda di jalur lalu lintas utama yang memiliki fasilitas jalur sepeda terpisah yang berdekatan adalah pelanggaran. Penggunaan fasilitas tersebut hukumnya wajib. Di jalan-jalan lainnya, sepeda dan kendaraan bermotor berbagi ruang di jalan yang sama, tetapi ini biasanya dilakukan pada jalan yang memiliki batas kecepatan rendah.

Terowongan dan jembatan biasanya bisa diakses pesepeda. Jika tidak, biasanya ada fasilitas terpisah. Mereka menggunakan feri di lokasi lain, atau memakai bus melalui terowongan.
Spoilerfor fietsstraat:

Fietsstraat - sebuah jalan sepeda, dengan sepeda berbagi tempat dengan mobil.

Pejalan kaki menggunakan trotoar jika tersedia, atau menggunakan posisi yang sama dengan pesepeda: pada jalur sepeda jika tersedia, jika tidak di jalan (tapi dalam kasus terakhir pejalan kaki sebaiknya berjalan di sebelah kiri, sementara pesepeda di sebelah kanan). Jalan dan terowongan untuk pesepeda juga dapat diakses oleh pejalan kaki. Kebanyakan jalur pejalan kaki boleh digunakan oleh pesepeda yang menuntun sepedanya.


Quote:1. CYCLE LANE

Cycle lane di Belanda, seperti di sebagian besar negara, terletak di tepi jalan (sisi kanan di Belanda). Jalur tersebut ditandai dengan garis putus-putus atau garis utuh. Jalur yang bergaris putus-putus dapat digunakan oleh kendaraan bermotor, selama tidak menghalangi pesepeda. Yang bergaris utuh tidak boleh digunakan oleh pengendara bermotor, kecuali bila terpotong pada persimpangan jalan untuk memungkinkan pengendara bermotor memasuki atau meninggalkan jalan. Cycle lane biasanya berwarna merah atau hitam.
Spoilerfor cycle lane:

Cycle lane (merah) yang juga dapat digunakan oleh pengendara bermotor

Pedoman nasional menyarankan lebar minimum cycle lane adalah 1,25 meter. Ketika terdapat cycle lane, pesepeda wajib menggunakannya.


Quote:2. CYCLE PATH (SEJAJAR DENGAN JALAN RAYA)

Jika cukup ruang, jalan besar dilengkapi cycle path paralel (juga dikenal sebagai trek sepeda) yang secara fisik terpisah (misalnya dengan ambang, pagar, atau jalur parkir). Penggunaannya, dalam banyak kasus, wajib bagi pesepeda. Warnanya bervariasi, umumnya hitam dan merah. Pengendara bermotor dilarang menggunakan cycle path.
Spoilerfor cycle path:

Trotoar (kiri), cycle path tunggal (tengah), dan jalan raya (kanan) di Amsterdam.

Jalur sepeda dua arah (bidirectional cycleways) umumnya terdapat di kota maupun pedesaan. Dibagi menjadi dua jalur, mirip dengan jalan, dengan garis putus-putus. Kadang terdapat di kedua sisi jalan, untuk mengurangi kemungkinan pesepeda harus menyeberangi jalan raya.


Quote:FREE-RUNNING CYCLE PATH
Banyak cycle path tidak berhubungan dengan jalan raya. Mereka ada untuk berbagai tujuan. Bagian pendek dari cycle path dapat memberikan jalan pintas antar-jalan. Ini banyak digunakan di taman permukiman dengan ruang hijau yang hanya dapat diakses oleh pesepeda dan pejalan kaki. Terutama di pusat kota, seluruh jalan kadang dikonversi ke cycle path untuk memberikan lebih banyak ruang bagi pesepeda dan mencegah penggunaan kendaraan bermotor. Free-running cycle path juga ada untuk tujuan rekreasi, di taman dan pedesaan. Free-running cycle path biasanya dibuat dua arah.


Quote:JALUR SEPEDA DI PEDESAAN
Pada rute sibuk, fasilitas bersepeda di pedesaan mirip dengan di kota. Cycle path terpisah dibuat di mana saja, dan cycle lane sebaliknya. Jika ruang yang tersedia terlalu terbatas untuk cycle lane, misalnya ketika jalan raya melewati sebuah desa, biasanya dibuat aturan pengurangan kecepatan untuk memastikan bahwa perbedaan kecepatan antara pesepeda dan pengendara bermotor dapat ditoleransi.

Jalan raya dan jalan provinsi (jalan utama yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi), biasanya dilengkapi dengan cycle path terpisah. Jalan raya, di sisi lain, jarang memiliki fasilitas bersepeda. Jika cycle path digabungkan dengan jalan tol, biasanya terletak pada jarak yang relatif jauh dari jalan tol tersebut.
Spoilerfor jalur rekreasi:

Cycle path rekreasi yang terbuat dari pecahan kerang.

Selain dari jalur-jalur umum, banyak jalur rekreasi yang tersedia di pedesaan. Trotoarnya bervariasi, mulai dari kerikil sampai beton. Pecahan kerang adalah varian populer.


Quote:3. RAMBU LALU LINTAS

Lalu lintas sepeda memiliki sistem tersendiri. Rambu lalu lintas yang hadir di persimpangan, satu set untuk kendaraan bermotor, dan satu set dengan ukuran lebih kecil untuk pesepeda. Kadang para pesepeda harus menunggu untuk menyeberangi persimpangan. Ada dua bentuk --pertama versi miniatur dari lampu lalu lintas konvensional, dan kedua yang berukuran biasa dengan stiker bergambar sepeda. Prioritas juga ditandai di jalan, menunjukkan manakah di antara pesepeda dan kendaraan bermotor yang diprioritaskan di titik tersebut.

Di beberapa lokasi, rute sepeda secara tegas memotong jalur lalu lintas kendaraan, disertai lampu di persimpangan, yang membuat bersepeda lebih efisien daripada pengendara bermotor.


Quote:4. BUNDARAN

Beberapa bundaran juga dikelilingi jalur sepeda, dengan rambu-rambu mengarahkan pesepeda ke tempat tujuan. Lalu lintas pada bundaran di Belanda biasanya memprioritaskan lalu lintas masuk, dan ketika cycle lane tergabung di dalamnya, prioritas juga berlaku untuk para pesepeda. Bundaran lain memiliki cycle path yang terpisah. Rambu-rambu menunjukkan apakah cycle path atau lajur kendaraan bermotor yang diprioritaskan di titik tersebut.

Bundaran yang sangat sibuk di Eindhoven menggunakan terowongan dan bundaran interior bagi pesepeda, untuk benar-benar memisahkan aliran dua lalu lintas tersebut.


Quote:HOVENRING
HovenRing adalah sistem trek sepeda/jembatan melingkar di tempat lebih tinggi, yang dibangun di Eindhoven, Veldhoven, dan Meerhoven di provinsi Noord-Brabant, di atas persimpangan mobil yang besar.
Spoilerfor HovenRing:

HovenRing di malam hari

Istilah hovenring, secara harfiah diterjemahkan menjadi Ring of the Hovens. Ini adalah bundaran gantung sepeda pertama di dunia.


Quote:5. MENYEBERANGI SUNGAI DAN JALAN RAYA

Untuk melintasi jalan raya dan jalan sibuk lainnya, jembatan dan terowongan disediakan untuk pesepeda dan pejalan kaki. Untuk menyeberangi sungai besar, jalur sepeda sering digabung dengan jalan (misalnya Hollandse Brug) dan rel kereta api (misalnya jembatan kereta api Nijmegen). Terowongan panjang jarang terbuka untuk pesepeda. Ketika jalan-jalan dan rel kereta api dirasakan terlalu jauh, penggunaan feri bisa jadi alternatif. Dalam banyak kasus, feri beroperasi --secara eksklusif atau primer-- untuk pesepeda, dan pada tingkat lebih rendah untuk pejalan kaki.

Sungai yang lebih kecil lebih sering menyediakan jembatan untuk pesepeda.


Quote:6. SIGNAGE

Signpost berbentuk umum seperti rambu kendaraan bermotor, menyatakan arah dan jarak ke kota-kota terdekat. Hadir dalam dua bentuk yang berbeda: plang arah standar yang merupakan versi miniatur dari rambu untuk kendaraan bermotor, dan penunjuk arah berbentuk mushroom. Bentuk kedua digunakan di pedesaan, yang dirasakan lebih cocok dengan lingkungannya. Kadang sulit untuk melihatnya di sekitar rumput panjang.
Spoilerfor mushroom signage:

Signpost tipe 'mushroom' bagi pesepeda.

Berbeda dengan rambu lalu lintas umumnya, yang menampilkan tulisan putih pada latar biru, rambu untuk pesepeda berhuruf merah atau hijau dengan latar putih. Warna merah digunakan untuk rute biasa, dan hijau untuk rute lebih khusus. Rambu ala jamur juga dapat berhuruf hitam dengan latar putih (menjelaskan bahwa rambu itu tidak dimaksudkan untuk pengendara bermotor).

Ketika rambu umum (yang berhuruf putih dan latar biru) tidak diberlakukan untuk pesepeda karena identik dengan jalan bebas hambatan, sebuah rambu terpisah untuk pesepeda biasanya terletak di dekatnya.


Quote:7. PARKIR

Berdasarkan kebijakan di Belanda, parkir sepeda disediakan di setiap toko. Bicycle stand adalah yang paling umum, alternatif untuk menguncikan sepeda pada tiang. Kebanyakan, roda depan sepeda bersandar di tiang. Karena pencurian sepeda sangat umum di Belanda, disarankan untuk mengunci sepeda mereka dengan kunci built-in dan melingkarkan kunci rantai dari frame sepeda pada tiang.
Spoilerfor parkir sepeda:

Parkir sepeda di Utrecht


Parkir sepeda di Amsterdam

Ada banyak parkir sepeda (seperti taman parkir mobil), beberapa bahkan dapat menampung ribuan sepeda. Setiap stasiun kereta api dilengkapi dengan parkir sepeda. Di banyak kota, ada juga yang memberlakukan tarif parkir per jam. Misalnya, ada 20 area parkir sepeda dengan tarif per jam di kota Groningen.

Kebanyakan kota mengatur parkir sepeda, dengan 'mengusir' secara berkala setiap sepeda yang tidak diparkir di bike stand, untuk mencegah trotoar penuh oleh sepeda.. Pemilik dapat mengklaim kembali sepeda mereka dengan bayar denda, biasanya sekitar € 25.


Quote:BERSEPEDA ANTAR KOTA
Sepeda untuk disewa tersedia di seluruh negeri, dan kebanyakan kota-kota besar memiliki toko sepeda yang lengkap, juga layanan perbaikan. Semua kota memiliki multiple bike stand, terutama di supermarket dan toko-toko umum. Sepeda harus pula dilengkapi dengan kunci untuk menjaga risiko dicuri. Semua kota di Belanda, serta negara-negara tetangga, dapat diakses dengan sepeda.

Quote:PETA
Peta tersedia secara luas, disediakan dalam dua bentuk:

1. PETA RUTE
Peta yang lebih menunjukkan informasi rute, ketimbang topografi umum. Hanya rute-rute yang ditandai dan informasi terkait yang akan ditampilkan. Sering digunakan untuk liburan, dan dijual di sebagian besar toko-toko wisata.

2. PETA NASIONAL
Peta yang melingkupi seluruh negeri, dengan tanda-tanda dan simbol tentang jalur sepeda di Belanda. Sangat berguna, tidak hanya untuk bersepeda di kota-kota asing, tetapi juga untuk penggunaan cross-country. Kadang harganya mahal dan terdiri atas banyak halaman, juga banyak tersedia di toko-toko wisata.


Quote:JALAN RAYA SEPEDA - cycle highway
Istilah cycle highway (jalan raya sepeda) atau fast cycling route (rute bersepeda cepat) --fietssnelweg dan snelfietsroute-- digunakan untuk bersepeda jarak jauh. Karakteristik dari cycle highway adalah tidak adanya perlintasan sebidang dengan lalu lintas bermotor, kualitas trotoar superior dan tidak adanya lampu lalu lintas. Komunitas bersepeda, juga pemerintah pusat dan daerah mendukung adanya cycle highway untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Di sini, pesepeda dapat mencapai kecepatan rata-rata lebih tinggi dibandingkan jika bersepeda di atas infrastruktur bersepeda yang umum, cycle highway lebih efektif daripada mobil komuter.

Hingga 2012, cycle highway dibangun menghubungkan antara Rotterdam dan Delft, juga antara Nijmegen dan Arnhem. Kebanyakan proyek cycle highway tidak sepenuhnya membangun baru, tetapi merupakan upgrade infrastruktur yang telah ada, kadang sekadar menyambungkan jalur yang terputus.


Quote:MENGANGKUT SEPEDA
Meskipun dimungkinkan untuk mengangkut sepeda dengan kereta api, pesawat dan feri, bus tidak memuat mereka.

Quote:1. KERETA
Sepeda dapat memasuki kereta api dalam kondisi tertentu. Sepeda lipat (folding bike) lebih mudah diangkut daripada jenis lain. Sepeda reguler harus ditempatkan di wilayah yang ditetapkan. Membawa sepeda lipat dalam kereta adalah gratis, sementara sepeda reguler memerlukan tiket khusus (€ 6 per sepeda), berlaku selama satu hari. Dalam semua kereta dilarang membawa sepeda berukuran normal dan (sebagian) sepeda reguler selama jam sibuk, tapi tidak berlaku pada bulan Juli atau Agustus ketika bersepeda dilakukan setiap saat. Diharuskan menempatkan sepeda di area khusus sepeda. Ada stiker di kereta untuk menunjukkan lokasi area tersebut. Semua sepeda diperbolehkan, bahkan jenis tandem.


Quote:2. FERI
Feri melintasi sungai dan kanal serta pulau-pulau di Utara (Texel, Vlieland, Terschelling, Ameland dan Schiermonnikoog). Ada banyak feri kecil untuk pesepeda dan pejalan kaki, yang dapat menghemat jarak dan menghindari lalu lintas yang sibuk. Penyeberangan terasa menyenangkan karena secara khusus tergabung dalam rute sepeda.
Spoilerfor feri:

Feri menyeberangi IJ dekat Amsterdam Central Station.

Beberapa feri, seperti ke Texel Vlieland dan Terschelling, Ameland, dan Schiermonnikoog mematok biaya untuk mengangkut sepeda, sementara yang lain gratis (seperti di IJ, Amsterdam).


Quote:3. PESAWAT
Memungkinkan untuk membawa sepeda melalui jalur udara, tetapi harus mengikuti prosedur dan mengemas bahkan (mungkin) membongkar sepeda. Mungkin ada biaya tambahan, seperti dihitung sebagai bagasi. Menggunakan sepeda lipat (folding bike)lebih mudah.

0 komentar:

Posting Komentar