Pasang Iklan Disini

Untuk Sementara, Bale Ungguli Neymar

♠ Posted by Unknown in at 05.52
Sementara, Bale Ungguli NeymarDua nama menjadi pusat perhatian publik Spanyol di musim panas lalu: Neymar da Silva dan Gareth Bale. Keduanya ditengarai bakal menambah panas dan ketatnya persaingan dua klub musuh bebuyutan, Barcelona dan Real Madrid, yang dalam empat musim sebelumnya diramaikan dengan rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Karenanya, wajar jika media massa mulai melakukan komparasi penampilan kedua pemain. Apalagi ketika Los Blancos dan Los Azulgrana ditinggalkan Messi dan Ronaldo yang sama-sama dibekap cedera. Lalu? Sampai sejauh ini, kedua pemain saling mengungguli satu sama lain.
Bale yang disebut-sebut menjadi pemain termahal dunia dengan rekor fee 100 juta euro, mampu tampil lebih produktif, baik di ajang La Liga maupun Liga Champions. Padahal, start yang dilakukan Bale lebih lambat menyusul kepindahannya ke Santiago Bernabeu baru resmi terjadi pada hari terakhir bursa, 2 September lalu.
Sedangkan, Neymar yang dibeli Barcelona dari FC Santos dengan fee 57 juta euro pada awal Juli dan tampil bersama skuat asuhan Gerardo Martino sejak jornada pertama, mengungguli Bale dalam hal jumlah umpan yang membuahkan gol atau assist (lihat tabel).

Dari tabel tersebut dapat terlihat jika, untuk sementara sampai berakhirnya La Liga di pekan ke-15, Bale lebih bersinar ketimbang Neymar. Tujuh (7) gol yang didulang Bale terjadi dalam sembilan partai dimana tujuh di antaranya berstatus sebagai starter. Jumlah menit yang dilakoni Bale pun lebih sedikit ketimbang Neymar, 632 berbanding 987 menit.

Meskipun telah lebih duluan beraksi, menjalani 13 pertandingan, 11 di antaranya berstatus sebagai starter, Neymar baru mampu menjebol gawang lawan sebanyak empat kali, yaitu saat menghadapi Real Sociedad, Real Valladolid, Madrid, dan Betis. Nilai positif Neymar hanya terletak pada jumlah assist (8) unggul 2 assist dibanding torehan Bale.

Pun demikian halnya dengan kiprah di ajang Liga Champions. Walau baru dua kali turun bertanding alias dua pertandingan, Bale berhasil mencetak 2 gol saat Madrid berjumpa Juventus dan Galatasaray. Neymar? Lima kali bermain sebagai starter, Neymar gagal mencetak satu gol pun ke gawang Ajax Amsterdam, Celtic, dan AC Milan!

Jadi? Seiring dengan masih panjangnya kompetisi, terlalu dini untuk menilai rapor Bale lebih baik ketimbang Neymar. Namun, catatan di atas setidaknya menjadi referensi awal bagi publik untuk menilai kapabilitas kedua pemain bintang tersebut.(*)



0 komentar:

Posting Komentar